Spesifikasi Komputer Server Built Up atau Rakitan Untuk Kantor Terbaik

 

Komputer Server kanotor

Sesuai dengan namanya bahwa komputer server adalah komputer yang berbeda dengan jenis komputer gaming, komputer rumahan atau komputer yang lainnya baiak yang buid up maupun rakitan. Terutama pada bagian prosesornya. Komputer rumahan hanya difungsikan untuk mengerjakan tugas dan menggunakan prosesor dual-core, sedangkan server diharuskan yang jauh lebih baik dari itu karena beban kerja yang lebih berat.

Selain itu kapasitas hardisk juga tidak terlalu besar. Hal ini pun juga berlaku pada jenis komputer gaming. Namun berbeda dengan server komputer yang membutuhkan spesifikasi berbeda. Tentu alasannya karena jenis komputer ini bertugas menyediakan layanan komputer client atau sumber daya.

Spesifikasi Komputer Server

Komputer dapat dikatakan server apabila mempunyai wewenang pembagian akses internet. Selain itu pengelolaan printer juga dilakukan secara bersama-sama. Tidak mengherankan apabila hardisk yang dimilikinya mempunyai kapasitas yang tinggi.

Sehingga dapat digunakan untuk mengumpulkan file bersama-sama. Komputer untuk server tidak hanya dapat digunakan di kantor maupun perusahaan saja, namun juga dapat dimanfaatkan di dalam instansi, perpustakaan pusat, sekolahan maupun yang lainnya.

Berikut ini ada spesifikasi komputer server yang harus Anda pahami, di antaranya:

Processor
Spesifikasi pertama yang dimiliki oleh komputer untuk server yaitu bagian prosesornya. Bagian inilah yang menjadi otak dari komputer tersebut. Dengan demikian, maka prosesor sangat berpengaruh terhadap kecerdasan komputer yang Anda gunakan.

Pengguna dapat menggunakan processor dengan minimal pabrikan Intel Xeon E3. Processor jenis ini secara khusus digunakan untuk komputer jenis server. Alasannya karena dapat menjalankan proses maupun mengendalikan kerja komputer lebih cepat dan cerdas.

Hal lain yang mengagumkan lagi dari prosesor ini yaitu kecepatan frekuensi turbonya yang sangat maksimal. Dengan demikian Anda tidak perlu ragu lagi jika berbicara mengenai kecepatan,

Hardisk
Pemilihan kapasitas penyimpanan atau hardisk pada komputer juga menjadi bahan pertimbangan. Hardisk sangat berpengaruh terhadap kecepatan ketika menyimpan data atau file yang ada di dalamnya.

Kapasitas penyimpanan untuk komputer jenis server paling tidak 1 TB atau terabyte. Untuk jenis sistem penyimpanan Anda dapat menentukan pilihan seperti HDD maupun SSD. Namun lebih dianjurkan agar Anda memilih HDD.

HDD mempunyai kecepatan penyimpanan yang tinggi dibandingkan SSD. Namun setiap kapasitas yang dibutuhkan pastinya berbeda. Terutama jika Anda ingin membangun jaringan komputer lokal untuk server kantor, pasti membutuhkan penyimpanan lebih besar.

CPU
CPU menjadi otak pada sebuah prosesor komputer pada biasanya nya CPU lebih dikenal oleh dua pemain besar, yaitu AMD dan Intel. Tidak jarang para masyarakat lebih tertarik menggunakan CPU Intel. Terutama untuk komputer server.

Intel dari CPU mempunyai keunggulan prosesnya yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan AMD. Bahkan untuk processor Intel memiliki kecepatan baca maupun tulis yang jauh lebih unggul dan diandalkan dari memori basis per-inti.

Ada sebagian perangkat netbook yang sudah menggunakan prosesor ARM, namun belum benar-benar diadopsi. Dalam kebutuhan teknologi server, daya secara keseluruhannya pun cukup rendah. Meskipun beberapa server sudah mencoba menggunakannya.

Akan tetapi masih dianggap kurang baik. Apabila Anda menginginkan server yang mempunyai kinerja tinggi namun harga yang terkontrol, harus cerdas dalam menentukan pilihan. Tidak sedikit orang yang berbelanja hosting tanpa perlu khawatir perihal processor.

Apabila ingin menghosting situs web, maka mereka pun dapat memilih VPS tanpa membutuhkan kekuatan CPU. Namun apabila software yang dijalankan cukup berat maka membutuhkan CPU dengan inti atau Core yang lebih tinggi.

RAM
Bagian RAM juga masuk sebagai spesifikasi komputer server. Jika kapasitas RAM semakin besar, maka proses yang dilakukan otak komputer pun juga semakin cepat. Hal ini pun juga berlaku sebaliknya. Sebaiknya pilih RAM yang berukuran besar.

Terutama apabila Anda menggunakannya untuk komputer client. Paling tidak RAM komputer yang Anda gunakan yaitu 8 GB DDR 4 ECC. Jika kurang dari itu maka proses akan berjalan dengan lambat.

Sebelum menentukan ukuran RAM, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa faktor berikut:

Application
Application ini menyangkut komputer jenis apapun, termasuk server aplikasi yang sedang dijalankan pada device yang bisa mempengaruhi RAM. Jika aplikasi yang berjalan semakin banyak, maka RAM yang dibutuhkan pun juga semakin banyak pula.

Traffic
Jika Anda menggunakan traffic website yang tinggi, maka Anda pun juga membutuhkan RAM yang jauh lebih tinggi pula.

Control Panel
Untuk software seperti C panel ini tentu menggunakan memori RAM Anda. Content management system seperti WordPress atau Drupal memang seringkali membutuhkan 1 GB RAM paling tidak.

Jika semakin besar pasti semakin baik pula. Database dan scripting language pengguna bisa menggunakan database SQL atau PHP dengan RAM yang lebih tinggi.

Aspek Lainnya
Memahami spesifikasi pada komputer untuk service lainnya juga wajib diperhatikan. Misalnya pada bagian grafis. Bagian inilah yang berguna untuk menampilkan visualisasi pada layar monitor komputer. Jika grafis semakin bagus, bagian visualisasinya pun juga semakin bagus.

Penggunaan komputer untuk server grafis yang dianjurkan yaitu Aspeed AST 1400 Which 64 MB v-ram. Untuk sistem operasi yang bisa dipilih yaitu Windows Server 2008 maupun 2012, Enterprise, Linux, Vmware, Citrix, Xenserver dan Centos.

Sebenarnya dalam memilih spesifikasi komputer server adalah kesesuaian dengan kebutuhan, karena semakin tinggi spesifikasi yang diambil, maka biaya yang dikeluarkan semakin banyak. Selalu perhitungkan jangka panjang, jangan sampai hanya tergoda harga lebih murah, tapi akan repot maintenance dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *