Perbedaan WordPress Gratis dan Berbayar

perbedaan wordpress berbayar dan gratis
Wordpress merupakan salah satu Content management System (CMS) dengan pengguna yang besar. Ada 2 layanan yang bisa digunakan oleh para penggunanya, yaitu WordPress gratis dan berbayar. Secara khusus, artikel ini akan membahas perbedaan WordPress gratis dan berbayar.

Seperti aplikasi pada umumnya, WordPress versi gratis tentu memiliki keterbatasan pada fitur dan juga layanannya. Sementara WordPress berbayar akan memberikan lebih banyak keunggulan sehingga memudahkan kita untuk membuat website seperti yang kita mau.

Perbedaan WordPress Gratis dan Berbayar

Seperti yang sempat dibahas di atas, perbedaan mendasar dari WordPress gratis dan berbayar terletak pada fitur dan beberapa layanannya. Tentu WordPress berbayar akan menghadirkan fitur lebih lengkap dan layanan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa poin perbedaannya:

    1. Domain
      Saat Anda menggunakan WordPress gratis, salah satu jenis layanan yang dibatasi adalah pembuatan domain pada situs Anda. Nama yang bisa Anda buat harus menggunakan embel-embel WordPress di belakangannya, yaitu menjadi www.[nama_website].wordpress.com.Domain di atas tentu saja tidak bisa digunakan untuk tujuan yang lebih profesional. Sebagai gantinya, WordPress menyediakan opsi berbayarnya dengan menggunakan WordPress.org dan menyediakan nama website dengan ekstensi populer seperti .com, .net, .site, tanpa ada wordpress di belakang.
    2. Fasilitas Hosting
      Poin pembeda berikutnya terletak pada fasilitas hosting yang akan digunakan. Pada WordPress versi gratis, fasilitas hosting yang akan Anda dapatkan adalah fasilitas hosting bawaan yang tidak bisa Anda tentukan spesifikasinya. Untuk ruang penyimpanannya saja hanya terbatas pada ukuran 3 GB.Berbeda jika Anda menggunakan WordPress.org atau versi berbayarnya yang memberikan Anda opsi untuk menggunakan hosting berkapasitas 3 GB, 5 GB, atau bahkan unlimited storage. Dengan begitu, konten yang bisa Anda sematkan ke dalam website akan lebih beragam dan lebih banyak.
    3. Plugin
      Salah satu unsur penting saat membuat website di WordPress adalah penggunaan plugin. Pada WordPress.com (gratis), plugin yang bisa diinstall tentu saja hanya plugin yang gratis saja, sedangkan masih ada plugin lain yang terkunci dan tidak bisa digunakan.Plugin-plugin penting yang memuat fitur-fitur keamanan, SEO, serta caching hanya bisa digunakan di WordPress.org (berbayar). Alhasil, website yang Anda buat akan jauh lebih optimal dan powerful jika dibuat menggunakan WordPress berbayar.
    4. Tema Tampilan Website
      Perbedaan WordPress gratis dan berbayar berikutnya terletak pada sisi temanya. WordPress.com (gratis) tentu saja menyediakan tema untuk bisa Anda gunakan. Hanya saja, pilihan tema yang bisa dipilih hanya sedikit dan sederhana.Sedangkan pada WordPress.org (berbayar), pilihan tema yang bisa Anda gunakan jauh lebih banyak dan tidak sedikit yang terlihat sangat profesional. Hasilnya, website yang bisa Anda buat bisa disesuaikan dengan tampilan yang Anda inginkan.
    5. Iklan
      Salah satu kanal pendapatan yang bisa didapat di era digital seperti sekarang adalah dengan memasang iklan di platform digital milik kita, seperti website, Yotube, aplikasi, dll. Salah satu media iklan terbesar dan paling populer saat ini adalah Google Adsense.Pada WordPress.com, pengguna tidak bisa dan tidak diizinkan untuk menampilkan iklan kecuali dari WordAds yang notabene adalah media iklan milik WordPress sendiri. Sedangkan pada WordPress.com, Anda bisa menampilkan iklan dari manapun, termasuk Google Ads.
    6. Online Shop
      Apakah Anda ingin mencoba membuat online shop melalui WordPress versi gratis? Sayangnya, hal itu tidak bisa dilakukan. Pasalnya, pihak WordPress tidak mengizinkan pengguna versi gratisnya untuk membuat online shop di platform tersebut.Alasannya karena terbatasnya sistem keamanan yang bisa diterapkan di WordPress.com. Untuk itu, Anda bisa menggunakan WordPress.org dan menambahkan berbagai fitur online shop yang lebih advance. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan keamanan dengan plugin keamanan yang ada.
    7. Website Analytics
      Untuk bisa melihat performa website kita, tentu dibutuhkan sebuah fitur analytics di dalamnya. Dengan begitu, kita bisa melihat berapa banyak pengunjung yang datang, jam berapa saja website kita sering diakses, seperti apa demografi dari pengunjung website kita, dll.Meski di WordPress.com tersedia fitur analytics, tetapi data yang bisa ditampilkan masih sangat terbatas. Sedangkan pada WordPress.org, Anda bisa menggunakan alat analytics yang lebih lengkap. Salah satunya adalah Google Analytics.
    8. SEO Friendly
      Agar website kita bisa mendapat lebih banyak pengunjung, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization). Hal ini akan bisa maksimal dilakukan jika Anda menggunakan WordPress.org atau versi berbayarnya.Alasannya tentu saja karena plugin yang bisa digunakan lebih lengkap, salah satunya adalah plugin SEO seperti Yoast SEO, All in One Pack SE, dll. Jika Anda hanya menggunakan WordPress gratis, otomatis upaya yang bisa dilakukan hanya pengoptimalan SEO tingkat dasar saja.

Dengan penjelasan tentang perbedaan WordPress gratis dan berbayar di atas, kini Anda sudah semakin mengerti apa saja yang bisa dilakukan antara kedua versi WordPress tersebut. Secara umum, WordPress berbayar akan lebih menjanjikan untuk pembuatan website yang lebih profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *