Perbedaan VPS dan Dedicated Server

perbedaan vps dan dedicated server

Bagi yang akan membuat website, akan membutuhkan domain dan hosting. Domain yang merupakan nama sebuah website, akan lebih baik jika menggunakan .com atau .id untuk website visitor Indonesia. Jika memilih hosting harus membutuhkan pengetahuan lebih karena ada banyak sekali jenis hosting. Ada share hosting, VPS atau dedicated server. Namun kali ini kita tidak akan membahas semuanya, apalagi apa perbedaan hosting dengan domain , tapi hanya perbedaan VPS dan dedicated server karena share hosting mempunyai banyak keterbatasan.

Instansi, perusahaan atau blogger yang sudah memiliki visitor ratusan bahkan jutaan visitor sebulan, lebih direkomendasikan untuk menggunakan VPS atau dedicated server. Hal ini dikarenakan jika menggunakan kedua jenis hosting ini, lebih custom sehingga lebih leluasa saat meng-optimasi website.

Perbedaan VPS dan  Dedicated Server

Balik lagi ke topik pembahasan awal yakni perbedaan VPS dan dedicated server. Kedua layanan layanan hosting sama-sama memakai server, bukan lagi shared hosting yang dijual murah dengan spesifikasi dan kinerja yang terbatas.

Jangan sampai Anda salah memilih, sudah membayar biaya sewa hosting mahal, namun malah kurang mampu menampung traffic besar yang masuk ke web Anda.

Jika kalian masih bingung, mau memilih layanan hosting yang mana, sebaiknya baca ulasan di bawah ini, sebab sudah dirangkum perbedaan kedua hosting sampai dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing layanan hosting VPS serta dedicated server.

Pengertian, Kelebihan, Kekurangan  VPS

VPS atau Virtual Private Server merupakan virtualisasi hardware server fisik atau satu server yang memungkinkan untuk di bagi menjadi beberapa server. Setiap server virtualnya berjalan seperti dedicated server.

VPS sendiri sebenarnya hampir sama dengan shared hosting. Yang membedakan keduanya hanya terletak pada pembagian sumber daya yang tersedia. Apabila Anda memakai layanan VPS, maka sumber daya VPS tersedia khusus untuk Anda sendiri. Tidak berpengaruh sama sekali oleh pengguna lainnya. Intinya, Ada bisa menyesuaikan konfigurasi persis sesuai kemauan Anda.

Kalau digambarkan, memakai layanan VPS seperti Anda menyewa sebuah rumah di perumahan. Anda memiliki tanggung jawab untuk mengelola semua perabotan dan isi rumah, termasuk perbaikan apabila terjadi kerusakan. Namun Anda masih tinggal bersama dengan penghuni rumah lain di dalam satu perumahan yang sama.

Kelebihan Kekurangan

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan VPS hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Kelebihan VPS

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki server VPS, berikut di antaranya:

  • Mempunyai akses root yang memungkinkan penggunanya merubah semua aturan tanpa adanya batasan, sesuai dengan kebutuhan.
  • Server cenderung lebih stabil, sehingga jarang terjadi yang namanya downtime.
    Mempunyai IP Public khusus.
  • Lebih fleksibel dalam menginstall sebuah software pada layanan VPS sesuai dengan keperluan. Sehingga VPS tidak memiliki beban lebih pada software yang tidak dibutuhkan.
  • CPU, resource RAM dan space menjadi punya pribadi, dan tidak dibagikan ke kepada yang lain.

2. Kekurangan VPS

Terdapat kekurangan yang perlu diketahui dari layanan VPS Hosting, seperti:

  • Tidak cocok digunakan pada pemula.
  • Biaya lebih mahal, jika dibandingkan dengan cloud hosting dan shared hosting.
  • Untuk pengguna wajib memahami sistem operasi Windows maupun linux ketika melakukan pengaturan VPS di awal.
  • Manajemen perangkat jauh lebih rumit.
  • Penggunanya harus mempunyai pengetahuan lebih soal server.

Pengertian Dedicated Server

Dedicated server merupakan suatu layanan web hosting yang memberikan penyewaan server penuh terhadap satu pengguna saja. Artinya, Anda bisa memperoleh semua server secara penuh dan diberikan hak kebebasan untuk memakai server tersebut.

Apabila Anda memakai layanan VPS, maka Dedicated ini akan dibagi menjadi beberapa ke pengguna VSP. Jadi, sederhananya gini dedicated server adalah gabungan dari beberapa VPS menjadi satu server. Bisa dibilang server ini menjadi kasta tertinggi dalam penyewaan hosting mulai dari spesifikasi hardware tinggi hingga space yang berkapasitas besar.

Dedicate server sendiri, digunakan pada seseorang yang memiliki website dengan kebutuhan dan spesifikasi tinggi, sehingga web tersebut tidak gampang downtime. Seperti web perusahaan, toko online, bisnis, hingga website pemerintahan. Bagi website pribadi juga bisa memakai ini, namun kalau layanan VPS yang digunakan sudah tidak mampu menampung banyaknya traffic web yang masuk.

Kelebihan Kekurangan Dedicated Server

Sama seperti server lain, dedicated server juga memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan seperti:

1. Kelebihan Dedicated Server

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki dedicated server, di antaranya:

  • Memiliki akses server penuh pada server dedicated yang sudah disewa.
  • Memberikan kinerja yang jauh lebih tinggi dari pada VPS.
  • Memberikan IP unik bagi setiap penggunanya. Sehingga masalah privasi dan keamanan jauh lebih baik.
  • Terdapat jaminan kerusakan, apabila terjadi pada dedicated server.
  • Tidak perlu berbagi server ke pengguna lain, sebab sudah full miliki pribadi.

2. Kekurangan Dedicated Server

Terdapat beberapa kekurangan yang wajib diketahui pada dedicated server, seperti:

  • Tidak cocok untuk seorang pemula.
  • Memiliki biaya sewa yang mahal, sebab semakin tinggi spesifikasi server akan semakin mahal juga biaya sewanya.
  • Memiliki pengaturan, perbaikan dan perawatan server yang lebih sulit.

Kesimpulan:

Hal yang kami rekomendasikan dari pembahasan perbedaan VPS dan dedicated server adalah kembali lagi ke kebutuhan. JIka visitor sudah diatas ratusan ribu setiap hari, apalagi untuk kegiatan e-learning (sekolah online), sangat dianjurkan menggunakan dedicated server karena lebih leluasa untuk optimasi dan tidak mudah down, ketika diakses banyak orang secara bersamaan.  Sebenarnya pakai VPS juga masih bisa, namun ketika kelas online dengan ribuan orang yang akses bersamaan kadang ada kendala. Tapi jika membutuhkan hosting yang leluasa tapi visitor belum banyak bisa menggunakan VPS. Yang perlu diketahui juga kalau dedicated server tidak dianjurkan untuk pemula, karena banyak settingnya yang harus dikerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *