Perbedaan Hardisk dan SSD, Mana Yang Terbaik

perbedaan hardisk dan ssd

Sebelum kehadiran perangkat SSD, perangkat HDD memang jauh lebih banyak digunakan baik pada laptop, komputer maupun HDD eksternal. Perbedaan Hardisk dan SSD ini cukuplah banyak, karena HDD merupakan tipe penyimpanan yang berjenis non volatil. Sehingga lebih mengandalkan cakram padat metal yang mempunyai lapisan magnet.

Lapisan ini dijadikan sebagai media penyimpanan data. Hal ini berbeda dengan SSD yang tidak menggunakan cakram magnetik untuk penyimpanan data. Akan tetapi SSD hanya menggunakan chip flash yang saling terhubung. Sementara sistemnya hampir sama seperti penyimpanan USB flash disk.

Apa Itu SSD?

Sebelum membeli harddisk wajib mengerti dulu pengertian SSD. SSD kepanjangan kepanjangan dari Solid State Drive atau bisa juga Solid State Disk. Pengertian dari SSD adalah tempat penyimpanan data yang menggunakan rangkaian IC untuk dijadikan sebagai memori. Fungsinya digunakan untuk menyimpan informasi maupun menyimpan sejumlah data.

SSD dapat dianggap sebagai versi tercanggih dari USB flash drive, karena mempunyai kapasitas yang lebih besar. Untuk fungsinya yaitu sebagai pengganti hardisk yang banyak digunakan pada perangkat komputer selama ini.

Sehingga SSD dapat diartikan sebagai perangkat elektronik yang mempunyai fungsi sebagai penyimpan data dengan peran seperti hardisk. Akan tetapi informasi dan data yang ada di dalamnya hanya disimpan pada microchip.
Dengan demikian bisa dilihat bahwa SSD berbeda dengan hardisk karena mempunyai lengan mekanik yang bergerak ke sana kemari. Gerakan tersebut terjadi ketika membaca atau menulis data di atas piringan magnetik. Jika dibandingkan dengan hardisk, pastinya SSD dapat bekerja lebih cepat.

Harga Hardisk SSD Terbaru

Canggihnya SSD ini, tentunya membuat Anda ingin memilikinya. Meskipun harga yang ditawarkan SSD jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD, Anda bisa merasakan beda SSD dan HDD.

Namun perlu diingat bahwa SSD bukan menjadi pilihan yang tepat apabila digunakan untuk penyimpanan data saja. Apabila Anda ingin menyimpan data, ada baiknya jika memilih HDD eksternal saja, karena kapasitas yang dimilikinya pun juga besar.

Berikut ini daftar harga hardisk SSD murah terbaik, yaitu:
• SSD Fervent Series harga Rp880.000.
• SSD Mx500 Tipe 2280, 500GB harga Rp673.000.
• SSD X10 harga Rp 1.252.000.
• SSD WD My Passport Go harga Rp1.500.000.
• SSD Portable T5 harga Rp1.721.000.
• SSD Fast harga Rp1.280.000.
• SSD SanDisk Ultra 3D harga Rp1.015.000.
• SSD XPG SD700X Eksternal harga Rp1.400.000.
• SSD SanDisk Extreme Pro Portable harga Rp1.999.000.
• SSD 860 Evo harga Rp1.240.000.

Harga hardisk SSD ini mungkin akan berbeda setiap daerah, bisa lebih murah atau lebih mahal. Selain itu, harga juga dapat berubah – ubah setiap waktu karena mengikuti harga pasar di Indonesia.

Keunggulan dan Kelemahan SSD

Pada dasarnya SSD menjadi perangkat penyimpanan yang mempunyai banyak kelebihan, namun juga memiliki kekurangan. Beda HDD dan SSD ini sangat terasa, penggunaan dari SSD sangatlah berpengaruh terhadap kecepatan membaca aplikasi, kecepatan booting Windows, kecepatan loading games, maupun performa multi testing.

Berikut ini informasi seputar kelebihan dan kekurangan dari SSD yang perlu Anda ketahui.

Keunggulan Menggunakan Hardisk SSD

1. Performa Lebih Cepat
Perbedaan hardisk dan SSD yang sangat terasa sekali adalah pada bagian ini, kecepatan membaca data. Performa yang ditawarkan oleh SSD jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Performa yang dimaksud yaitu kecepatan dalam menulis dan membaca. Misalnya SSD Sata 2,5 inci mempunyai kecepatan baca dan menulis minimal 400 hingga 500 an.

Sedangkan kecepatan baca tulis dari HDD umumnya kisaran 150-an. Semakin tinggi angka tulis bacanya maka akan menjadikan proses membuka program menjadi lebih cepat. Bahkan booting Windows pun juga lebih cepat.

SSD mampu membantu penggunanya dalam mengoptimalkan kinerja multitasking komputer sehingga SSD tidak hanya berpengaruh terhadap kecepatan membuka game atau program saja. Akan tetapi juga memberikan pengaruh terhadap kecepatan perpindahan aplikasi.

2. Hemat Energi
Perangkat SSD memberikan penawaran konsumsi daya lebih hemat jika dibandingkan dengan HDD. Beda HDD dan SSD memang jauh, karena perangkat HDD mempunyai komponen bergerak. Tidak mengherankan jika energi yang dibutuhkan oleh HDD lebih besar.

3. Tidak Berbunyi
SSD tidak menggunakan piringan yang berputar, sehingga tidak menimbulkan bunyi ketika digunakan. Sementara untuk HDD menimbulkan bunyi ketika membuka program Windows karena piringan ini akan berputar.

Kelemahan Menggunakan SSD

1. Kapasitas Kecil
Untuk penyimpanan maupun back data saja tentunya SSD bukanlah menjadi pilihan yang baik, karena SSD tidak memberikan penawaran kapasitas yang besar. Sebab itulah banyak orang yang lebih tertarik untuk memilih HDD.

2. Harga Lebih Mahal
Tidak dipungkiri bahwa sistem kerja SSD memang lebih canggih dibandingkan dari HDD. Alasannya karena SSD sudah dibekali dengan teknologi yang lebih baru. Wajar saja jika harga yang ditawarkan pastinya jauh lebih mahal.

Harga yang ditawarkan antara Rp600.000 hingga Rp700.000-an. Dengan harga tersebut Anda sudah dapat memperoleh HDD dengan kapasitas 1 TB dan berkualitas mumpuni. Namun dari harga tersebut Anda hanya memperoleh perangkat SSD dengan kapasitas 256 GB saja.

3. Batas Umur
SSD ternyata juga mempunyai batas umur yang dapat terhitung melalui satuan terabyte written atau TBW. Setiap kali Anda menulis ulang dari kata SSD, saat itulah SSD mengalami penurunan kemampuan. Hal ini menimbulkan SSD mengalami kerusakan jika sudah mencapai batas TBW.

Kesimpulan
Perbedaan Hardisk dan SSD ini wajib diketahui bagi yang sedang akan membeli laptop, komputer  atau hardisk external agar tidak menyesal kemudian hari. Setiap hardisk mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, secara sederhananya, jika membutuhkan kapasitas yang besar bisa memilih yang harddisk HDD karena lebih murah. Tapi, jika membutuhkan kecepatan dalam kinerja, silahkan menggunakan SSD. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *