Pengertian, Hubungan dan Tips Optimasi SEO Toko Online

toko online seo

Mempunyai toko online yang tidak di optimasi di mesin pencari seperti Anda punya toko tapi tidak ada papan namanya. Alhasil banyak orang tidak tahu keberadaan toko online Anda. Oleh karena itu Anda perlu tahu beberapa tips optimasi SEO toko online dibawah ini.

SEO toko online sendiri tidak boleh dianggap sepele. Upaya ini akan membantu website Anda berada di peringkat teratas hasil pencarian Google. Sesuatu yang akan membantu Anda untuk memperoleh banyak traffic, leads dan pastinya cuan.

Apa Itu Toko Online

Toko online adalah media dalam bentuk digital yang berfungsi untuk menjual produk atau jasa secara online lewat media media internet.

Meskipun pemilik toko atau penjual dengan pembeli tidak bertemu atau bertatap muka secara langsung, namun bisa berbelanja melalui internet.

Anda bisa melihat terlebih dahulu produk atau jasa yang ditawarkan melalui gambar atau video yang di sertakan dengan harga dan informasi lainnya.

Hubungan Toko Online Dan SEO

Sebelum Anda tahu beberapa tips optimasi SEO toko online, tidak ada salahnya mengetahui hubungan diantara keduanya.

Nah berikut pembahasan lengkapnya:

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan optimasi SEO, Anda bisa membuat bisnis online menjadi lebih dipercaya. Pasalnya dalam optimasi SEO, website akan mempunyai kualitas yang lebih baik.

Mulai dari konten berkualitas, desain website responsif, performa situs baik dan lainnya. Dengan SEO, juga akan menjadikan situs Anda bisa bertengger di halaman pertama hasil pencarian Google.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Dalam suatu bisnis, brand Awareness sangat penting. Pasalnya ini bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, memudahkan memperoleh pelanggan dan mendorong pelanggan untuk loyal dengan produk atau jasa Anda.

Dengan SEO, akan membantu dalam meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Pasalnya SEO menjadikan website berada di peringkat teratas di hasil pencarian Google. Web Suara News adalah salah satu website yang dapat meningkatkan awareness.

3. Mendatangkan Banyak Pengunjung Website

Menurut survei 91,5 persen trafik diperoleh dari rangking pada halaman pertama Google. Jadi, Anda owner website wajib melakukan optimasi SEO supaya membantu situs masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google.

Dengan berada di halaman teratas Google memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak ke website Anda.

4. Menciptakan User Friendly yang Lebih Baik

Pada saat melakukan optimasi SEO, ada berbagai macam strategi yang sebaiknya diterapkan. Contohnya membuat website yang responsif untuk menggunakan perangkat mobile, meningkatkan kecepatan loading website dan lainnya.

Pada intinya Anda harus membuat website yang user friendly untuk pengunjung. SEO akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk visitor website.

5. Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Ketika melakukan optimasi SEO, Anda juga harus melakukan evaluasi perkembangan SEO website. Terdapat beberapa tools analytics yang bisa Anda gunakan untuk melakukan evaluasi.

Salah satunya Google Analytics, dimana tool tersebut bisa memberikan data seperti:

• Jumlah pengunjung website
• Kegiatan pengunjung di website Anda
• CTA atau link yang banyak di klik oleh pengunjung website

Selain melakukan evaluasi SEO, data tersebut juga dapat Anda peroleh untuk mengembangkan bisnis. Anda dapat menentukan strategi bisnis yang akan dilakukan berikutnya.

Tips Optimasi SEO Toko Online

Berikut dibawah ini ada beberapa tips untuk melakukan optimasi SEO toko online, seperti:

1. Hindari Duplikat Konten

Duplikat konten merupakan musuh terbesar bagi mesin pencari. Tidak sedikit toko online yang memperoleh sanksi dari mesin pencari, karena dianggap mempunyai konten yang sama untuk deskripsi produk.

Jadi, pemilik website toko online, harus membuat konten yang original dan tahu cara mengurangi duplikat, di sambi melakukan penilaian terhadap toko online Anda sendiri.

2. Miliki Strategi Konten

Anda bisa membuat konten yang unik dan berkualitas, sehingga menarik untuk dikunjungi. Selain itu, juga akan menambah nilai lebih untuk pelanggan.

Dengan begitu, bisa meningkatkan peringkat toko online Anda di mesin pencari. Silahkan membuat konten yang relevan dan variatif dengan produk yang terdapat di toko online Anda.

3. Gunakan Kata Kunci yang Unik

Kata kunci yang unik merupakan cara untuk mengoptimalkan toko online Anda. Dengan memakai bantuan dari Google Keyword Planner, maka Anda bisa menemukan keyword yang lebih baik dan biasa dicari oleh orang banyak.

4. Tag Judul

Tidak hanya kata kunci, namun Anda juga harus membuat judul yang menarik pada setiap halaman produknya.

Judul ini akan membuat pengunjung untuk memutuskan atau melanjutkan mengakses toko online Anda.

5. Sertakan Review Produk

Banyak calon pembeli yang tertarik dengan sebuah produk setelah melihat review dari pembeli lain. Jadi, memajang review produk adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memikat pengunjung supaya membeli produk Anda.

Upaya ini juga sebagai teknik pasif yang dapat dipakai untuk menghasilkan konten unik di toko online Anda. Tidak ada salahnya saat mengelola olshop, selalu update artikel untuk blog, karena tidak menutup kemungkinan dari blog kita akan mendapatkan visitor potensial secara organik dan gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.