marketing mix adalah

Marketing Mix Adalah: Konsep Pemasaran yang Para Pebisnis Pemula Harus Kuasai

Konsep marketing mix dalam dunia bisnis bukan konsep yang baru.

Seseorang yang tidak pernah belajar ilmu ekonomi, manajemen, dan bisnis tentu memiliki kemungkinan kecil mengetahui apa itu marketing mix.

Marketing mix adalah sesuatu yang sudah banyak digunakan dalam strategi pemasaran.

Konsep dan makna dari marketing mix mungkin tidak disadari sudah banyak dipraktikkan oleh pebisnis pemula.

Mengetahui dan memahami lebih jauh mengenai konsep marketing mix bisa membuat penyusunan strategi pemasaran produk lebih jelas dan lebih terkonsep dengan baik dan teratur.

Marketing Mix Adalah

Marketing mix adalah variabel-variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Marketing mix bisa juga diartikan sebagai aspek-aspek yang bisa digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif dan optimal.

Awalnya, variabel dalam maketing mix ini adalah produk, harga, tempat, dan promosi.

Di kemudian zaman, ada penambahan variabel baru, yaitu bukti fisik, SDM, dan proses.

7 variabel tersebut dikenal dengan konsep Marketing Mix 7P. Variabel tersebut akan membantu menemukan taktik pemasaran yang tepat.

Elemen Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya

Berikut adalah 7 elemen marketing mix 7P yang perlu Anda ketahui beserta contoh penerapannya.

  1. Produk

Produk bisa berbentuk barang, jasa, fisik, maupun virtual.

Hal terpenting dalam hal produksi dan pemasaran adalah Anda harus membuat produk yang sesuai dengan selera konsumen.

Produk merupakan sesuatu yang dijual dan bukan ambisi pribadi atau sesuatu yang diciptakan karena keinginan semata.

Menjadi konyol jika Anda memasarkan sepatu hak tinggi di area pendakian gunung berapi.

Riset menjadi penting dan bisa menentukan kesuksesan strategi pemasaran Anda.

Kreasi produk yang salah dan subjektif berkontribusi besar pada kegagalan banyak perusahaan, terutama perusahaan kecil pemula.

  1. Harga

Harga produk yang terlalu murah akan membahayakan kesehatan bisnis Anda sekaligus mengacaukan pasar.

Hal yang sama juga berlaku untuk produk berharga terlalu tinggi.

Anda perlu menemukan semacam titik sebagai bagian dari strategi pemasaran yang baik.

Dengan demikian risiko kerugian bisa dikurangi.

  1. Lokasi

Definisi lokasi tidak selalu mengacu pada tempat fisik saja.

Tempat digital dalam bentuk website maupun akun medsos juga masuk dalam kategori ini.

Marketing mix adalah konsep yang juga mengajarkan lokasi tidak hanya diperuntukkan untuk penjualan saja, tetapi gudang, kantor, pabrik, dll juga harus diperhatikan.

Pencarian lokasi yang tepat bukan hanya dilakukan untuk meningkatkan penjualan saja tetapi juga mempermudah seluruh operasi produksi hingga penjualan.

Membuat toko online juga merupakan strategi lokasi yang baik.

Jangkauan produk yang ditawarkan tentu menjadi lebih luas melebihi jangkauan toko fisik.

  1. Promosi

Tujuan utama promosi adalah meningkatkan penjualan dan pencitraan brand.

Kanal atau media untuk melakukan promosi di era digital ini sudah mudah dan murah untuk diakses.

Iklan melalui media sosial dan internet tentu bukan hanya tren, tetapi juga terbukti memberi manfaat yang jelas, terukur, dan terbukti.

Untuk media fisik, radio, televisi, spanduk, dan papan iklan masih diandalkan.

Untuk strategi pemasaran di dunia maya, Anda bisa menerapkan SEO atau Search Engine Optimization, menggunakan pemasaran konten, memanfaatkan jasa influencer, membuat podcast, menggunakan iklan digital, dan email marketing. 

  1. Bukti Fisik

Sebagai konsumen, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah melihat produk secara mendetail.

Jika hal ini tidak dilakukan, minat dan keyakinan membeli produk akan berkurang.

Sebagai penjual Anda harus memahami perilaku konsumen tersebut dengan baik dan memenuhi ekspektasi Mereka.

Bukti fisik alias rupa produk harus Anda cantumkan dalam brosur, suvenir, iklan, dan media audio visual lainnya.

Selain itu, karyawan atau CS pun harus mampu mendeskripsikan produk dengan baik.

Jika jual produk non-fisik, buat deskripsi yang membuat orang mampu memahami produk dalam waktu singkat.

  1. SDM

SDM atau sumber daya manusia memegang peran penting dalam keberlangsungan dan kesuksesan bisnis Anda.

Perusahaan yang gagal sangat banyak yang disebabkan kualitas SDM pegawainya yang buruk.

Semua aspek yang ada hubungannya dengan kualitas karyawan perlu Anda perhatikan baik-baik.

  1. Proses

Mengetahui dan memahami bagaimana konsumen bisa mengenal, membeli, dan loyal terhadap produk yang Anda tawarkan memiliki banyak manfaat.

Proses konsumen mengenal dan membeli prosuk Anda tersebut harus Anda analisis dan temukan polanya.

Dalam proses tersebut ada yang bisa dimanfaatkan.

Misalkan, seseorang membeli produk Anda karena dipromosikan oleh artis favoritnya.

Hal tersebut perlu disikapi dengan bijak. Promosi menggunakan arti bisa dan harus konsisten dilanjutkan.

Memahami proses berarti Anda bisa menentukan strategi yang lebih efektif untuk memasarkan produk dan brand bisnis Anda.

Marketing mix adalah sebuah metode yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Ke-7 elemen tersebut harus Anda ingat dan pelajari lebih jauh agar bisa bertahan dan sukses di dunia bisnis yang persaingannya semakin ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.