Pahami Cara Memulai Bisnis Online Ini, Agar Tidak Salah Langkah

cara memulai bisnis online

Banyaknya pekerja yang terkena PHK membuat banyak orang memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan penghasilan yang cukup untuk menghidupi diri sendiri. Apakah Anda sudah tahu cara memulai bisnis online?

Bisnis yang menguntungkan di masa pandemi sekarang adalah bisnis yang diinginkan oleh semua orang, misalnya bisa dilakukan dari jarak jauh atau daring, mudah, dan tentunya menguntungkan. Anda seorang pemula? Lihat cara memulai bisnis online yang mudah, tentunya tanpa modal.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Untuk membuat Anda merasakan keuntungan dari bisnis online yang akan Anda mulai, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan perlu di prioritaskan. Hal ini dilakukan agar kedepannya tidak mempengaruhi bisnis online Anda, apalagi jika harus berhenti ditengah jalan.

1. Paham Apa yang Ingin Anda Jual
Pertama Anda harus paham apa yang ingin dijual di bisnis online Anda. Walaupun dimulai dari nol, Anda bisa menjual yang barang sekiranya dicari atau disukai oleh orang-orang di masa pandemi sekarang.
Karena ini bisnis online, Anda harus bisa bersabar bila produk tidak terbeli sebanyak apa yang dipikirkan.

2. Carilah Persoalan yang Sedang Dihadapi Pasar
Dengan tau apa permasalahan yang dihadapi oleh pasar online, Anda akan tahu produk yang bisa laku atau populer dikalangan orang-orang. Anda juga harus pintar-pintar dalam mencari kesempatan bisnis yang mendatangkan keuntungan dari permasalahan tersebut.

3. Mengetahui Riset Kompetitor Anda
Anda bisa melakukan riset bagaimana pebisnis online menjual produk yang mereka jual secara online. Anda bisa mempelajari caranya menawarkan kelebihan produk yang Anda jual. Anda bisa memanfaatkan kekurangan penjual lain menjadi kelebihan produk Anda.

4. Memilih Cara Menjual Produk yang Menarik
Cara bisnis online menjual produknya tentu saja berbeda-beda. Bila Anda memiliki modal yang setidaknya cukup, Anda bisa menyimpan dan mencetak beberapa produk tersebut untuk dijual sendiri. Tapi, jika Anda belum memiliki modal yang cukup, cukup bekerja sama dengan penjual dari produk yang Anda ingin jual.

Jual produk tersebut dengan sistem dropship dan Anda tidak perlu kepikiran lagi tentang menyetok barang ataupun inventory. Bisa juga menjadi seorang blogger dan menjual atau memproduksi sebuah produk melalui blog yang Anda buat.

Itu disebut juga sebagai affiliate marketing atau publisher via google adsense. Melalui cara ini, Anda bisa diberi link yang nantinya akan dipakai oleh calon pelanggan. Jika pelanggan berbelanja melalui link tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi yang sesuai melalui pembelian tersebut.

5. Buatlah Brand Bisnis Online & Beri Promosi di Penjualan Pertama

Bila Anda membeli barang dengan logo brand yang terpercaya, tentunya Anda pun takkan ragu untuk membeli produk tersebut bukan? Calon pembeli juga akan berpikiran yang sama dengan Anda.

Kepercayaan pembeli pada produk akan membangun citra dari bisnis yang Anda buat dan memberi rating yang tinggi. Tidak hanya itu, promosi juga berperan penting dalam penjualan produk pertama.

Tanpa promosi, produk tidak akan tersebar luas. Anda bisa promosi secara berbayar maupun gratis di media sosial yang populer.

6. Buatlah Media Sosial
Untuk mempromosikan di media sosial, Anda tentu perlu membuat media sosial tersebut. Anda bisa membuat media sosial di Instagram, Facebook, atau media sosial yang kemungkinan produk bisa dilihat banyak orang.

Selain itu, Anda juga harus membuka toko Anda di aplikasi jual beli online. Karena ini adalah bisnis online, Anda harus punya toko online juga. Dengan membuka toko online, pelanggan bisa dengan mudah menemukan dan membeli produk Anda.

7. Pertahankan Pelanggan Setia Anda
Dengan mempertahankan pelanggan setia, Anda bisa meraih untung hingga 25 kali lipat, dibandingkan promosi untuk mendapatkan calon pembeli baru.
Anda bisa mempertahankan pelanggan setia dengan cara memberikan diskon khusus ataupun memberikan reward lainnya sebagai tanda terimakasih.

Bisnis Online untuk Pemula

Saat pandemi seperti ini, bisnis online yang paling cocok untuk pemula adalah bisnis yang sederhana tapi mendatangkan keuntungan. Ada banyak lagi peluang untuk pebisnis online dan itu semua membuat Anda bisa meraih keuntungan di masa pandemi.

Cara memulai bisnis online itu mudah dan memulai untuk menjadi seorang pebisnis bisa dilakukan sekarang juga.Berikut merupakan beberapa contoh bisnis online yang bisa dilakukan oleh pemula:

1. Menjual Barang Orang Lain
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Anda juga bisa menjadi reseller yang berkualitas atau menjadi dropshipper yang hanya mencari pembeli sebanyak-banyaknya. Anda tidak perlu menjual produk buatan sendiri.

2. Menawarkan Produk dalam Negeri
Anda bisa menjual sesuatu yang sulit dimiliki atau sulit didapatkan ketika pendemi. Misalnya, makanan khas daerah lain. Karena tidak bisa berwisata, Anda bisa memberi rasa yang hilang tersebut dengan makanan daerah atau produk daerah yang Anda jual.

3. Usaha Makanan yang Tahan Lama
Sama seperti diatas, Anda juga bisa menjual produk makanan yang tahan lama. Contoh makanan yang tahan lama, seperti makanan kering dengan pengemasan yang simple dan menarik.

4. Menjadi Seorang Influencer
Menjadi seorang influencer merupakan cara memulai bisnis online yang bisa Anda coba. Influencer adalah salah satu strategi dalam bisnis online untuk menjual produk yang dijual.

Ada banyak strategi atau cara memulai bisnis online agar sukses dan lancar usahanya. Pastikan untuk memilih cara yang sesuai dengan style dan budget. Tidak jarang banyak yang menganjarkan dengan metode bakar uang yang banya diawal, tapi pilih saja yang pengeluaran untuk awal bisa digunakan untuk jangka panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *